Selasa, 06 Desember 2011

Memaknai Kesuksesan

Apa pendapat pertama yang mucul ketika kita mendengar istilah "sukses"?? dalam benak kita mungkain akan timbul jawaban bahwa kesuksesan adalah saat dimana semua keinginan, cita-cita, dan harapan telah terwujud.. bahkan ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa sukses tercapai ketika kita tidak memiliki tekanan finansial, segala kebutuhan telah terpenuhi, dan masih banyak lagi pendapat yang lainnya... Ya, pendapat itu tidaklah salah, namun terasa belum benar.. kenapa?? baiklah mari kita bahas..

Kesuksesan memang erat kaitannya dengan kekayaan, pendapatan, kebahagiaan, dan segalanya yang dapat dicapai oleh individu guna memenuhi kebutuhannya.. Namun banyak sekali hal negatif bila kita mengukur kesuksesan dari materi.. Karena sudah banyak orang tua yang sukses namun anak-anakanya hanya "dididik" oleh pembantu, banyak orang yang sukses namun tetangga sekitar banyak yang kelaparan dan tidak dapat menyekolahkan anak-anaknya..

Pernahkah kita berfikir kesuksesan salah saat dimana orang-orang yang ada di sekeliling kita merasakan manfaat yang sangat besar ketika mereka berada disamping kita, ketika banyak penduduk yang merasa kurang mampu menjadi tercukupi dengan adanya kita, ketika banyak anak yatim merasa memiliki bapak ketika mereka bersama kita, ketika banyak pemulung dan orang yang bekerja dengan sangat keras menjadi tidak terbebani oleh pekerjaan mereka ketika bersama dengan kita??

Ya.. sepertinya sangat mustahil sekali hal ini dapat kita lakukan semuanya. Mengingat manusia adalah makhluk yang mempunyai nafsu, kekurangan, dan ketidaksempurnaan. Namun "kenapa tidak"?? Kita dapat melakukan dari hal terkecil dimulai dari diri kita semdiri.. Bagaimana kita buat diri kita menjadi bermanfaat bagi diri kita sendiri.. Kemudian meluas ke area keluarga kita. Bagaimana keluarga kita merasa lebih berwarna dengan kita dekat dengan semua anggota keluarga, mencoba tidak egois dan mau untuk memulai hal yang baru sehingga nantinya dapat mengubah seluruh anggota keluarga, dan ketika masing-masing keluar dari rumah untuk melaksanakan aktivitas masing-masing, mereka selalu rindu untuk segera sampai ke rumah.. Dari rumah meluas ke kalangan tetangga sekitar dengan selalu silaturrahim dengan tetangga, mencoba mengamati keadaan sekeliling dan mencoba melakukan perbaikan atau hal positif yang dapat bermanfaat bagi semuanya.. kemudian meluas kepada tempat kerja, dan seterusnya..

Jadi, Kira-kira sekarang apa pemaknaan anda mengenai kesuksesan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar